Mengoptimasi Script Adsense Untuk Loading Iklan Adsense Pada Blog

Mengoptimasi Script Untuk Loading Iklan Adsense Pada Blog
AksesBlog.com -Sebuah blog itu tidak hanya menjadi tempat menyalurkan ide dan informasi saja, melainkan menjadi wadah untuk bisa mendapatkan penghasilan yang setidaknya bisa untuk memperpanjang domain blog itu sendiri.

Selain itu memasang Iklan Adsense juga menjadi hal yang membanggakan bagi seorang blogger, kamu yang membaca artikel ini pasti juga merasakannya. Namun dengan memasang iklan adsense tentunya akan menambah beban loading sebuah blog itu sendiri, ini dikarenakan JS iklan adsense itu sendiri dan jumlah iklan yang ditampilkan pada sebuah blog itu sendiri.

Script Kode Iklan Adsense Secara Umum

Jika kita mengikuti tata cara dan script yang digunakan langsung dari dashboard adsense tentunya akan terlihat seperti ini :

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- 300 x 250 Ads -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:inline-block;width:300px;height:250px"
     data-ad-client="ca-pub-1010101010101010"
     data-ad-slot="21212121"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>
Pada kode tersebut akan kita dapati ketika membuat unit iklan baru, dan diperintahkan untuk meletakkannya langsung di Edit HTML halaman blogger kamu, atau dimana pun unit ikan tersebut ingin kamu letakkan. Coba kamu perhatikan script yang saya blok warna kuning tersebut, itu akan terpasang di setiap unit iklan yang kamu pasang di blog kamu. Misalnya ada 3 Unit iklan, maka akan ada setidaknya 6 script seperti itu yang terpasang di blog kamu.

Nah, itulah yang membuat loading blog kamu menjadi semakin berasa berat, karena harus meload script yang sama pada satu blog.

Ubah Cara Menyisipkan Script Kode Adsense

Untuk mengakali loading iklan adsense, tentunya kamu perlu memangkas script-script yang saya katakan tadi agar bisa di sisipkan satu script saja dan loadingnya bisa lebih kita optimasi.

Jadi setiap kamu ingin menambah unit iklan adsense, kamu hanya perlu menambahkan bagian kode pada tag <ins hingga tag penutupnya </ins> atau secara keseluruhan akan tampak seperti berikut :

<!-- 300 x 250 Ads -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:inline-block;width:300px;height:250px"
     data-ad-client="ca-pub-1010101010101010"
     data-ad-slot="21212121"></ins>
Untuk script yang berulang tadi bisa kamu sisipkan sebelum kode </body> pada template kamu, dan penulisan scriptnya menjadi seperti berikut :

<script async='async' src='//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
  for (var ads = document.querySelectorAll('ins.adsbygoogle'), i=0; i<ads.length; i++){
    if (ads[i]) {
      (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
    }
  }
//]]>
</script>
Atau jika kamu ingin yang menggunakan lazyload adsense (dengan artian iklan akan di load setelah pengunjung blog scroll halaman webnya) ganti kode yang tadi dengan kode berikut :

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Lazy Load AdSense
var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);

  for (var ads = document.querySelectorAll('ins.adsbygoogle'), i=0; i<ads.length; i++){
    if (ads[i]) {
      (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
    }
  }
//]]>
</script>
Secara keseluruhan sih cara ini bukan mempercepat, melainkan mengurangi jumlah script yang sama untuk diload hanya satu kali. Jika kamu menggunakan cara yang kedua iklan akan di load setelah seluruh element blog termut dan pengunjung melakukan scroll dihalaman tersebut.

Apakah Berpengaruh Kependapatan Adsense?

Untuk hal ini tentunya menjadi pertimbangan masing-masing pengguna, karena optimasi adsense ini sendiri bertujuan agar experience pengungjung terhadap blog kita tetap terjaga karena loading blog akan tetap ringan dan tentunya itu membuat pengunjung betah di web kita.

Tentunya jika pengunjung sudah betah dia akan menjelajahi setiap halaman yang ada pada blog kita tanpa keraguan, dan akan menambah views tentunya akan berpengaruh juga ke pendapatan kita, karena akan lebih banyak iklan yang tampil pada satu pengunjung itu.

Jadi keputusannya ada dikamu sendiri untuk mencoba dan menilai sendiri cara mana yang lebih efektif untuk perkembangan blog kamu.

Berlangganan

Berlangganan posting : Daftarkan alamat email kamu untuk memperoleh umpan posting terbaru langsung ke kotak masuk pesan.

0 Response to "Mengoptimasi Script Adsense Untuk Loading Iklan Adsense Pada Blog"

Posting Komentar