Perbedaan Mendasar HDD dan SSD, Saatnya Beralih ke SSD?

Perbedaan Mendasar HDD dan SSD, Saatnya Beralih ke SSD?
AksesBlog.com - Laptop sampai saat ini terus berkembang seperti halnya industri smartphone yang semakin gencar dalam hal inovasi dan pengembangan design dan flexibelitas penggunakan sehari-hari. Kabar terbaru adalah informasi perihal smartphone yang bisa dilipat, dalam artian satu fungsi menjadi smartphone sebagai mana mestinaya, dan fungsi lain menjadi sebuah tablet phone yang disebut sebagai foldable phone.

Kali ini saya akan mencoba membahas perbedaan bahkan kelebihan serta kekurangan antara HDD dan SSD, karena beberapa waktu lalu saya sudah memberanikan diri untuk mengganti Harddisk laptop saya menjadi SSD, dan merogoh kocek yang lumayan dalam hehe.

SSD sendiri adalah pengembangan dari teknologi HDD yang sebelumnya umum digunakan, bahkan sampai saat ini pun masih banyak yang menggunakan HDD sebagai tempat peyimpanan. Pada dasarnya SSD dan HDD itu sama saja, Namun SSD tidak menggunakan lapisan-lapisan magnetik layaknya HDD.

Mengenal HDD dan SSD Lebih Jauh

Harddisk Drive atau biasa disebut sebagai HDD merupakan tempat penyimpanan yang paling popular saat ini yang disusun berdasarkan komponen mekanik dan elektronik.

HDD sendiri terdiri atas piringan, motor dan lengan yang berfungsi untuk mengolah data (baca tulis) yaitu dengan cara piringin akan diputar oleh motor dan ujung dari lengan akan memprosesnya secara mekanik dan elektronik untuk mendapatkan dan meyimpan data.

Dalam perkembangannya HDD memiliki beberapa macam interface sebagai berikut :

  1. Hardisk ATA/AIDE
  2. Hardisk SCSI
  3. Hardisk RAID
  4. Hardisk SATA
Macam-macam HDD tersebut tentunya sudah mulai banyak ditinggalkan, hanya HDD SATA yang masih banyak digunakan hingga saat ini, dikarenakan ukurannya yang cenderung menyesuaikan dengan penggunaan dan kebutuhan saat ini.

Solid State Drive atau biasa disebut juga dengan SSD merupakan pengembangan terkini dari HDD dan memiliki kelebihan yang cukup signifikan daripada pendahulunya. SSD sendiri memiliki beberapa variant yang berguna untuk menyesuaikan kebutuhan produsen yang paling populer diantaranya :

  1. SSD SATA (Serial ATA)

    Jenis SSD ini cenderung sama dengan interface yang digunakan oleh HDD sebelumnya, karena sebagian besar motherboard bahkan laptop yang ada dipasaran menggunakan interface SATA dan dilengkapi dengan konektor SATA 3.

    Dengan ini dimaksudkan agar komponen lama yang sudah menggunakan HDD SATA bisa tetap menggunakan serta upgrade ke SSD SATA.

  2. SSD PCIe

    Jenis SSD selanjutnya yang dapat kamu gunakan pada Laptop adalah jenis PCIe. Jika kamu belum mengetahui, interface PCIe adalah slot yang biasa digunakan pada WiFi Card, WAN Card, dll. SSD PCIe ini biasa juga disebut dengan storage NVME (Non-Volatile Memory Express).

    Jenis SSD ini memiliki kecepatan yang ekstra jika dibandingkan dengan SSD SATA. Kecepatan baca data jenis SSD PCIe tidak tanggung-tanggung dan mencapat hingga 3.500MB/s, sementara kecepatan tulis datanya mencapai 2.100MB/s. Jadi, bisa dikatakan bahwa jenis SSD ini memang khusus untuk orang-orang yang ingin serba cepat. Tapi, yang tidak boleh diabaikan adalah dari segi harga. Kecepatan yang ekstra cepat tentu saja diimbangi dengan harga yang ekstra tinggi. Maka dari itu, SSD PCIe akan lebih mahal dari SSD SATA meskipun memiliki kapasitas penyimpanan yang sama.

Kedua jenis SSD tersebut tentunya memiliki perbedaan terutama dari segi ukurannya, dan yang paling utama dari sisi kecepatan dan harga juga.

Mulai Beralih ke SSD ?

HDD makin kesini tentunya makin ditinggalkan, karena update terbaru saya saat ini harga SSD cenderung sudah lebih murah daripada 2 atau 3 tahun yang lalu ketika SSD baru mulai dikenal.

Perbandingannya seperti ini, jika kamu membeli HDD 500gb dengan harga 600 ribu higga 700 ribu bahkan bisa mendapat yang 1TB dengan harga segitu, nah jika dengan harga segitu kamu membeli SSD kamu hanya akan mendapatkan SSD SATA dengan kapasitas 240gb saja.

Namun dengan harga seperti itu kamu akan mendapatkan proses baca data yang lebih cepat, dan lebih bisa diandalkan. Saya sudah mencobanya sendiri dan saya rasa kamu harus segera beralih ke SSD sebagai media penyimpanan kamu.

Trik dari saya :

  1. SSD digunakan sebagai sistem saja, agar proses baca data lebih cepat dan multitasking menjadi lebih nyaman dalam penggunaan sehari-hari.
  2. HDD bisa kamu jadikan tempat penyimpanan data saja, dimana pada laptop milik saya sendiri, saya mengorbankan slot DVD yang memang tidak pernah lagi saya gunakan sebagai media untuk slot HDD.
  3. Untuk melakukan itu saya membeli HDD Caddy yang bisa kamu beli dengan harga yang lumayan murah di toko online, atau di toko komupter di sekitar tempat tinggal kamu.
Jadi dengan begini kamu bisa tetap meiliki lebih banyak ruang penyimpanan dan tetap bisa merasakan betapa asiknya menggunakan SSD dalam komputasi sehari-hari.

Referensi artikel :

  • http://www.pintarkomputer.com/perbedaan-hdd-dan-ssd/
  • https://androbuntu.com/2018/05/03/perbedaan-ssd-dan-hdd/
  • https://www.bagitekno.net/hardware/jenis-jenis-ssd.html
  • http://cacingtekno.blogspot.com/2016/12/pengertian-hardisk-fungsi-dan-jenis-jenis-pada-hardisk.html

Berlangganan

Berlangganan posting : Daftarkan alamat email kamu untuk memperoleh umpan posting terbaru langsung ke kotak masuk pesan.

0 Response to "Perbedaan Mendasar HDD dan SSD, Saatnya Beralih ke SSD?"

Posting Komentar