Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Waterproof, Water-Resistant Dan Water-Repellent

Perbedaan Waterproof, Water-Resistant Dan Water-Repellent
AksesBlog.com - Saya beberapa hari lalu membeli sebuah produk jam tangan dari casio, jam tangan tersebut di lengkapi fitur Water-Resistant, dan saya menjadi penasaran apa sih makna kata tersebut dalam hal produk jam tangan. Bahkan saya penasaraan dengan beberapa istilah seperti Waterproof dan juga Water-Repellent.

Makna Istilah tersebut menurut kamus Ingris Oxford :
  • Water-resistant : Dapat menahan penetrasi air sampai batas tertentu namun tidak sepenuhnya
  • Water-repellent : Tidak mudah terpenetrasi air, permukaannya juga dilapisi pelapis khusus
  • Waterproof : Tahan air
Mari kita bahas satu persatu istilah-istilah tersebut pada halaman ini.

Water-Resistant

Ini merupakan tingkat ketahanan terendah diantara tiga istilah ini. Umumnya tertera pada produk seperti jam konvensional. Bila produk dilabeli istilah ini artinya, produk diciptakan dengan sedemikian rupa sehingga air sulit mempenetrasi atau ada kemungkinan produk dilapisi dengan bahan tertentu yang meningkatkan kemungkinan ketahanan produk saat terkena air, sehingga boleh dibilang produk berlabel water-resistant hanya mampu menahan terpaan air pada saat cuci tangan atau saat terpapar air gerimis. Smartwatch olahraga biasanya dibuat water resistant dengan tingkat ketahanan air yang berbeda-beda.

Water-Resistant juga memiliki beberapa tingakatan seperti 3 ATM, 5 ATM, 10 ATM, dan seterusnya. Satuan ATM (atmosphere) digunakan untuk mengukur tekanan (1 ATM = 1 BAR = 10 meter). Jika keterangan 5 ATM (50 M) berarti jam tersebut tahan air dengan tekanan 5 atmosphere atau 50 meter. Tingkatan water resistant pada jam ini harus kamu perhatikan, karena berhubungan dengan aktifitas apa saja yang bisa dilakukan dengan jam tersebut.

1. Water-Resistant 3 ATM (30 M)

Saat ini banyak tipe jam tangan yang menyertakan keterangan water resistant 3 ATM. Kamu perlu berhati-hati jika menggunakan jam tangan dengan daya tahan water resistant 3 ATM. Jam dengan daya tahan 3 ATM hanya mampu bertahan pada percikan air, dipakai berwudhu, atau hujan dalam tingkat ringan. Jam dengan ketahanan 3 ATM tidak bisa bertahan untuk aktifitas berenang atau bahkan menyelam.

2. Water-Resistant 5 ATM (50 M)

Kamu bisa cukup tenang jika jam tangan yang kamu miliki sudah ada keterangan water resistant 5 ATM. Jam dengan daya tahan air 5 ATM sudah bisa digunakan untuk aktifitas air seperti berenang, mandi, dan hujan lebat. Namun belum bisa bertahan untuk aktifitas air yang lebih dalam seperti snorkeling atau menyelam.

3. Water-Resistant 10 ATM (100 M)

Jam dengan daya tahan air water resistant 10 ATM mempunyai daya tahan yang lebih tinggi dibanding 5 ATM. Jam dengan daya tahan 10 ATM sudah bisa kamu gunakan untuk berenang di air yang lebih dalam, kegiatan snorkeling. Namun tidak direkomendasikan untuk kegiatan diving.

4. Water-Resistant 20 ATM (200 M)

Jam dengan spesifikasi water resistant 20 ATM sudah mampu bertahan untuk kegiatan air dengan intensitas tinggi. Seperti snorkeling, diving, dan olahraga air lainya.

Jadi sebelum kamu membeli sebuah produk, kamu harus memilih dan memikirkan mau kamu gunakan untuk kegunaan yang seperti apa. Untuk saya pribadi memilih produk dengan Water-Resistant 10 ATM saya rasa sudah lebih dari cukup, supaya aman terkena hujan bisa dibawa cuci tangan langsung tanpa takut rusak.

Water-Repellent

Setingkat diatas water-resistant, apabila produk berlabel tulisan ini, artinya produk memiliki sifat tahan air sampai ke tingkatan hydrophobic, untuk sampai ke tingkatan tersebut umumnya produk dilapisi oleh lapisan tipis khusus entah di bagian dalam, luar atau keduanya dengan sejenis lapisan nano technology. Namun lapisan yang digunakan tiap merek beragam, sehingga kerap kali istilah ini suka diperdebatkan, karena untuk istilah yang sama dapat menunjukkan ketahanan air yang berbeda.

Untuk menciptakan sifat repellent ini membutuhkan zat-zat yang bisa menolak air seperti emulsi malam, sabun-sabun logam, dan juga zat aktif permukaan. Jam tangan atau perangkat bisa dikatakan menolak air jika tahan terhadap rembesan air dalam waktu yang lama, memiliki kemampuan untuk mempertahankan butiran-butiran air di atas permukaan jam tanpa bisa merembes melewati bahan, dan air yang ada di permukaan jam ini bisa dihilangkan dengan cara ditiup.

Namun untuk sekelas jam saat ini masih kebanyakan menggunakan Water Resistant.

Waterproof

Waterproof merupakan istilah tertinggi dalam istilah anti air. Sejatinya jam tangan yang memiliki label waterproof ini bisa menahan air meski dalam kondisi apapun termasuk dalam kondisi ekstrem sekalipun.

Sertifikasi Ingress Protection (IP)

Jam tangan yang memiliki label ini tidak akan mengembun meski terkena air. Meski begitu skala waterproof ini berbeda-beda dan diukur dengan skala Ingress Protection Rating. Skala ini pun di bagi menjadi 9 peringkat mulai dari 0 sampai 9 dan digunakan untuk mengukur seberapa efektif perangkat atau jam tangan tersebut dalam menahan rembesan air.

Smartwatch olahraga biasanya dibuat waterproof dengan tingkat ketahanan air yang berbeda-beda. Waterproof merupakan tingkat ketahanan terhadap air yang diukur dengan satuan Ingress Protection (IP). IP memiliki dua digit, digit pertama yang menjelaskan ketahanan terhadap jenis benda solid, misalnya yang sering ditemukan ialah debu yang berkode digit 6, artinya produk tersebut tidak dapat dipenetrasi oleh debu, rating digit kedua mengindikasikan ketahanan produk terhadap benda cair, misalnya untuk digit 7, produk artinya dapat terendam air sampai kedalaman 1 meter, jadi umpamanya ada produk berlabel IP 67 itu artinya produk dapat menahan debu dan air sampai kedalaman 1 meter.

Jika jam tangan Kamu sudah waterproof dengan skala di atas 7 maka Kamu tidak perlu khawatir lagi jika jam tersebut akan rusak terkena air, karena skalanya sudah tinggi dan bisa bekerja secara efektif.

Tingkat Kedalaman Waterproof

Rating waterproof ini juga mennandakan tingkat kedalaman air yang bisa di toleransi. Alasannya adalah air tersebut memiliki tekanan dimana semakin dalam semakin besar tekanannya. Produsen jam tangan pun juga akan memberikan batasan kedalaman air yang bisa dimasukkan ke dalam garansi.

Jam tangan yang ditandai dengan label waterproof berarti sepenuhnya bisa terendam dalam air, namun yang harus diketahui adalah konektor dari perangkat waterproof tersebut biasanya tidak kedap air. Jadi kamu harus lebih berhati-hati dalam menggunakan produk yang ada waterproofnya, kamu harus lebih teliti itu produk bisa tahan sajauh mana. Semoga bermanfaat.

Referensi :
  1. https://wia.id/journal/bedanya-waterproof-water-resistant-water-repellent/
  2. https://www.skmei-id.com/blog/tips/arti-informasi-water-resistant-pada-jam-tangan.html
  3. https://www.iwatchbridgeport.com/perbedaan-jam-tangan-waterproof-water-repellent-water-resistant/
Mas Iwan
Mas Iwan Seorang blogger yang kesehariannya didepan laptop, dan hobi bermain game.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Waterproof, Water-Resistant Dan Water-Repellent"